Monday, November 10, 2008

Profil: Joko




Pengembaraan pencarian kaset bekas merambah ke Surabaya karena referensi dari mbak Wi. Awalnya cuma ke mas Anto. Kemudian, atas saran teman, saya menjelajah Kapasari. Di Kapasari bertemu pak Sunari, yang langganannya mbak Wi. Setelah dari Kapasari, menuju rumah pak Sun. Itu bulan Juni yang lalu.

Selanjutnya, komunikasi dengan pak Sun diteruskan via (pen)telpon, sms atau surat berisi pesanan saya. Saya pikir (dulunya), pak Sun adalah labuhan terakhir tempat saya bisa mencari kaset karena koleksinya yang lengkap dan mutu kasetnya yang bagus.

Sabtu malam (8/11) pulang seminar, saya menuju ke penjual kaset bekas di Delta Plaza. Pada satu pedagang bernama Joko, saya membeli 30 kaset! Joko yang rambutnya seperti Giring Nidji, menangkap peluang bahwa saya akan membeli lebih banyak dari saya lalu dia mengatakan di rumahnya masih banyak kaset. So? Saya menanyakan alamat dan janjian akan ke rumahnya esok harinya.

Begitu memasuki kamarnya, saya seperti masuk gudang kaset di sebuah recording company saja! Jumlah kasetnya wauwwwwwwwwwww gile benerrrrr.

Mulanya, Joko memang senang kaset. Sejak SMP di pertengahan 80an, dia sudah mengoleksi kaset. Jaman dia membeli kaset, dia sudah bertemu pak Sun yang dulunya bekerja sebagai pegawai toko kaset.

Jumlah koleksinya pernah mencapai 10000!!! Seiring berjalannya waktu, kaset mulai dilepas satu per satu. Dan, sekarang, dia hanya menyimpan yang dia suka, yang lainnya, menjadi ladang mencari makan.

Kaset-kaset yang dia jual, disusun di kardus. Ada banyak kardus. Yang sudah masuk di kardus, sudah siap jual karena sudah diseleksi sebelumnya. Kaset yang kotor dia bersihkan. Dicocokkan dengan covernya.

Di kamarnya, berserakan mur, baut, casing kaset, cover kaset, dan tentu saja pita kaset yang awut-awutan.

Sayangnya, Joko tak banyak memiliki kaset rock Indonesia sehingga tak cocok jadi suppliernya mas Daus. He…he…he….

Di tempat mas Joko, saya mendapat Nyanyian Badai Mel Shandy pesanan mas Kusukanada versi telanjang karena tak ada covernya. Tapi tak mengapa. Karena, cover album itu sudah pernah saya dapatkan gratis dari Totok dan sudah saya berikan mas Kusukanada beberapa saat yang lalu. (Ternyata, tak hanya beli rumah, motor atau mobil saja yang bisa dilakukan secara mencicil. Beli kaset pun bisa!!!)

Akhirnya, setelah melihat barang mas Joko yang begitu banyak, saya berpikir, ternyata ungkapan “Di atas langit masih ada langit” benar adanya. Dulu saya berpikir, pak Sun memiliki barang jualan yang begitu banyak. Nah, ini ketemu yang jauhhhhhhhh lebih banyak!!!

30 comments:

  1. waw....jadi pengen liat ke sana.....bisa ga ya....?

    ReplyDelete
  2. lanjut.....
    "pacar" baru!
    Surabaya Post kemarin ada profilnya pak Sun

    ReplyDelete
  3. mas titip lawak an yo...nek mrono maneh...
    sopo ngerti nemu sak dos ;))

    ReplyDelete
  4. tak cukup hanya sunari kah dirimu???
    ;))

    ReplyDelete
  5. mbak Wi tak pernah kecukupan klo urusan kaset bekas :))

    ReplyDelete
  6. Kang Singo Nitip PH2 rock jadul dunk? atau kaset2 rok jadul deh

    ReplyDelete
  7. klo rock jadul agak susah mas. Saya carikan mas Daus, dapetnya satu per satu :(

    ReplyDelete
  8. Hehehe...suwun Mas Singo.....
    Kira2 kapan ya aku sudah bisa nge-rip kasetnya.....& jadi siap aplod hahaha....

    ReplyDelete
  9. belanda ancen jauh..la trus nek ketekan jepang???
    podo ae mbujuk....
    :))

    ReplyDelete
  10. gpp deh, sy cukup sabar sih, hehehe, sy cari sas vol.2, sas.vol.3, sas.lapar, aka cruel, aka shake me, aka kasidah, hehehe kali2 aja ada ya Kang Lion

    ReplyDelete

  11. walah.....perlu berapa PULUH JUTA tuh klow dapetin PH2 diatas ???
    :))

    ReplyDelete
  12. wah... permintaannya berat..... saya gak sanggup deh... ini benar2 langka....
    temen saya juga titip ini belon pernah dapet :((

    ReplyDelete
  13. ya tunggu kasetnya tak serahkan mas Kus.
    nek gak onok kasetnya, apanya yg di rip? angin? :))

    Kapan ke yogya?

    ReplyDelete
  14. jepang juga sudah jauh. yang masih banyak, kelompok Kay Pang :))

    ReplyDelete
  15. Astagfirullah ... gudang kaset apa gudang sembako?

    ReplyDelete
  16. Sayang sekali incaran kaset rock Indonesia nggak banyak ya Mas .... Nasib Nasib

    ReplyDelete
  17. aku kemarin dapet vol 3, 4, 6, & 7
    mau disetor ke Nyong Anggoman. ketemu tanggal 23 bareng Trie Utami.
    awakmu melok yo? ben sisan ketemu Trie Utami.

    ReplyDelete
  18. sak ngertiku, kowe ngisin2i. mangane okeh terutama nek gratis! :))

    ReplyDelete
  19. ughhhhhhhhh.. jd pgn pegi kesana.... yg dijkt.... yiukz kita ngerambah sby....

    ReplyDelete
  20. lam knal mas jokoooooo... ** ksh jari lambang piss **

    ReplyDelete
  21. sebelum sampe surabaya, ke yogya dulu lha yauw.... :)

    ReplyDelete
  22. anter ke pasar kased bekas yakz mas... kabare di solo jg ada.. yg jual stasiun radio.. yukz mas ke sana... ajakin mas hans n mba wie... yg di jkt kali ajah ada yg mau turut serta...

    ReplyDelete
  23. ada dan murah meriah. sayang saya belon sempat kesana :(

    ReplyDelete