Tuesday, March 4, 2008

DAC Band

 

Pernah dengar grup DAC (Dynamic Action of Chords)? Band ini berasal dari kota Semarang. Pernah menjadi band pembuka ketika pentas Krakatau di Sport Hall Kridosono Yogyakarta tahun 1987an. Waktu itu, Krakatau berformasi lengkap Dwiki Dharmawan, Pra Budi Dharma, Donny Suhendra, Gilang Ramadhan, Indra Lesmana dan Trie Utami.

Penampilan DAC sebagai band pembuka tidaklah mengecewakan. Dengan mengusung genre jazz, permainannya cukup apik juga. Permainan drum Agusta menurut saya, ok punya. Kaset ini direkam pada tahun 1989 dengan Dyah Kutut sebagai guest vocalist.

Di cover kaset, tersebutlah Bp. Alvin Lie sebagai produser. Kala itu, siapa sih yang kenal Alvin Lie, yang sekarang anggota DPR? Tak usah heran, karena Alvin Lie memang pengusaha terkenal di Semarang, anak dari pemilik department store terbesar milik pengusahan local. Menjadi produser kaset tentu bukanlah hal sulit untuk orang sekelas beliau.

Tersebut juga Didik Purnomo sebagai manajer. Nama ini cukup akrab dengan saya. Seakrab nama pengarang lagu Pentas yang menjadi jagoan di album ini pada sisi A nomor 1. Pengarang lagunya adalah Ninda. Lagu nomor 2 berjudul Thinkin’ Of You (Tonight). Lyrics by Alvin Lie & O.G. Ruddyard. Song by Momo.

Kalau betul sang manajer dan pengarang lagu pentas adalah orang yang saya kenal, walah… dunia sempit……. (Kita tunggu saja komentar sang pengarang lagu, kalau-kalau dia mampir ke mp ini)

Sudah lama saya mencari kaset ini. Dan baru sekarang dapet. Lagu akan di upload kalo computer sudah sembuh karena masih nunggu antibiotiknya bekerja………….

 

44 comments:

  1. Ninda arek Geronimo to? Mbulet ae....................

    ReplyDelete
  2. mbuh, mangkane aku menunggu apakah bener dia......

    ReplyDelete
  3. kok saya dulu nggak pernah dengar ya? padahal lahir-SMA di Semarang...
    mungkin karena jazz jadi nggak masuk ke ingatan saya

    ReplyDelete
  4. ingatannya dangdut sekaten atau purawisata? :)

    ReplyDelete
  5. Permainan gitar Momo' juga bagus. Vokalisnya bukannya Diah Ketut, mas?. Mereka pada waktu itu masih kuliah di Undip, angkatan '86. Sayang hanya menghasilkan 1 album saja ...!

    ReplyDelete
  6. tertulisnya guest vocalist. seingat saya memang Dyah Kutut.
    iya sayang. potensi yang bagus sebenarnyaaaaa

    ReplyDelete
  7. Dulu aku pernah liat mereka ngiringin Nicky Astrea di Semarang (waktu Nicky masih pacaran sama anak pejabat tinggi Jateng/seorang mahasiswa Arsitektur Undip).

    ReplyDelete
  8. inisialnya GI. Betul kah?
    nek salah yo emboh

    ReplyDelete
  9. Mungkin konsepnya seperti kelompok KLA Project. Tidak punya vokalis tetap, sehingga tiap ngeluarin album bisa ganti-ganti vokalis. Sayangnya mereka (DAC) lebih suka jadi pegawai, daripada terjun total ke dunia musik.

    ReplyDelete
  10. Aku yo lali je ...Tapi akhire putus (mungkin karena memang kurang ganteng & agak culun, he he he ...), terus dapat anaknya Solohin GP (gue pikirin).

    ReplyDelete
  11. wah kancaku sedang mencari mp3-ne lagu dari grup iki ... tak enteni ah matengane .... he ... he ...
    dab sido arep njumuk kasetku ora?

    ReplyDelete
  12. sido tapi durung saiki. sesuk sabtu minggu rodo kebak acaraku.....

    ReplyDelete
  13. Mungkin bener, Arsitektur Undip angkatan '80-81. Bener gak mas ..?.

    ReplyDelete
  14. lha iya, sing basist nya jenenge didik purnomokuwi ya ???kkkkkkk

    ReplyDelete
  15. wah, emboh yo..... cuma feeling aja soale pejabat itu kan tenar banget karena cukup kontroversial alias rodo otoriter......

    ReplyDelete
  16. dudu. didik purnomo sebagai manager.....

    ReplyDelete
  17. pak dokter: "masih bersama i dabel di di old time memories.....
    buat mas Singo, requestnya tidak dapat saya penuhi karena lagu ini tak masuk chart lagu lama. lagipula, ngejreng-ngejreng, nanti kanca muda jadi bangun semua malam malam begini....."

    ReplyDelete
  18. ehhh iya..... ding, tp keyboard nya kadang pake si momon (sbg pemain pengganti) atau bahkan additional player

    ReplyDelete
  19. pancen gak bakat dadi penyiar. isone mung tiru-tiru.......

    ReplyDelete
  20. maksute diriku ta?
    wis oleh kaset e ko cecep...

    gelem matengane? enteni bar kelar ngerip te'e mas cuk ya :D

    ReplyDelete
  21. seperti biasa, alasane: durung sempat.
    Cak, semalem ke padepokan Bagong. OM Banter Banget tidak pernah direlease. KTB juga gak.
    pokoke nek ono, tak jupukkan.....

    ReplyDelete
  22. rnah, sudah ada volunteerrrrrrrrr

    ReplyDelete
  23. OM Banter Banget memang album "baru" ... proyek barunya Jadug ....
    Nah kalau KATEBE itu, aku dulu pernah lihat kasetnya di POPEYE ... pada pertengahan 90-2000an
    Menyesal karena belum sempat beli ...
    Wis nang Popeye Jl. Mataram ???

    Coba cari album buat koleksi njenengan: MASANIES, UNTUNG BASUKI SABU, SUJUD SUTRISNO ...
    di bagian depan sebelah kanan pintu masuk .... kaset Indonesia aneh-aneh biasa ada disana
    kalau yang lawakan biasanya ada ditengah ... persis depan kasir ....

    ReplyDelete
  24. wingi rono mborong cd Chrisye & KLa (tak pesen sik).
    sujud sudah gak ada dan gak pernah terbit lagi meskipun sudah order.
    KTB juga gak ada.
    liyane, durung tak goleki. nanti kesana lagi ambil cd soale wingi mborong, kasir tak berani kasih diskon. tunggu singkohe aja. biasane aku di diskon ra ketang 10%.
    mengko tak delok e

    ReplyDelete
  25. ndisik aku luwih seneng beli di KOTAMAS (kini udah wafat) ...
    terus ngobrol karo ARIS ... sing ngelayani ... bocahe pinter, pokoke ngeh nek di jak ngobrol mulai gending, bubi chen, miles davis sampe dream theater ... terus dulu disana juga ada mbak-e kancane Aris suarane meh podo karo whitney houston ... nyanyi All At Once ... apik tenan, kok ora nyanyi nang kafe mbak (jaman anyaran Kafe di Purawisata kae ?) ... aku wis duwe Grup Keroncong kok mas ... luar biasa dab !!

    ReplyDelete
  26. oh, iki sing dimaksud Hans Wilson mungkin.
    Hans juga senang di sana karena pramuniaganya bisa diajak diskusi musik. malah katanya, bisa nyiptakan lagu.
    aku pancen ket biyen ning Popeye. Tak Bisa Ke Lain Hati. Soale, entuk diskon terussssssssssss

    ReplyDelete
  27. mas...aku dulu adl penggemar berat DAC BAnd. Udah cari kemana2 kasetnya. Bisa minta tlong dibuatkan mp3 DAC band lengkap 1 albumnya? ato dikirm ke ninoek71@gmail.com. Nuwun

    ReplyDelete
  28. sy belum punya mp3 nya. belum sempat nge-rip.

    ReplyDelete
  29. saya baru ngerip satu sisi, :)
    side Bnya belum...
    masih banyak order lain :">

    ReplyDelete
  30. mas singo ra sah ngerip dac iki...paling bar kloter berikut sekitar 3 bulan lagi...
    :)

    enteni ae upeti seko batam ya :D

    ReplyDelete
  31. aku manut ae lah.... lha wong meh dikasih koq nawar? wakakakak

    ReplyDelete
  32. kang kalo ada lagi mau kang
    DAC Band, Fronline

    ReplyDelete
  33. Cikimung aku juga mau tuh DAC Band. Aku dulu punya tuh kasetnya. Hampir setiap mau berangkat nuntut ngilmu aku setel dulu baru berangkat. sampai nglokor kasetnya...
    Japrikoe dwi_ts@yahoo.com. atau aku bisa download dimana?
    Thnx

    ReplyDelete
  34. wah ... kebetulan ya saya tulis DAC di google kok dapet "Kandang Singo". Kenalin dulu mas , saya Dudut bassistnya DAC ,sekarang saya dan eks DAC player memang baru repro lagu 2x DAC dr awal sampai yg paling akhir dan dr yg ada dikaset sampe yg gak boleh direkam dikaset, cuman kita kerepotan krn personilnya sdh gak sekota jadi ada yg di jakarta segala. Tapi doakan saja ya mudah 2x an cepet kelar.

    ReplyDelete
  35. merupakan kehormatan bagi saya dikunjungi mas Dudut, yang dulu tahun 1987 main di Kridosono sebagai pembuka konser Krakatau dan didahului oleh Black Fantasy.
    Musik DAC saya suka. seorang teman saya yang nonton (dia drummer), mengomentari, malam itu, drummer DAC top abis!

    ReplyDelete
  36. DYAH KUTUT...eee itu vocalisnya partha putri..dia seingatku celeb kampus UGM fak peternakan..wow cantik loh

    ReplyDelete