Friday, September 12, 2008

Guru Tak Pernah Salah

 

Minggu lalu, murid privat saya minta diajari Direct Indirect Speech (Kalimat Langung dan Tak Langsung) karena dia akan ulangan.

Setelah ulangan, saya tanya hasilnya untuk saya evaluasi. Dia mendapat 8 (tertinggi di kelas)  . Hampir semua temannya remedy.

Saya ingin tau dimana kesalahan dia. Ini jawaban dia yang disalahkan:

My teacher told me "I am going to give a test."
jawaban murid saya:
My teacher told me that he was going to give a test.

Jawaban itu disalahkan. Menurut gurunya, 'he' salah. seharusnya 'she'.
Murid saya tanya: "lho pak, kan jenis kelamin teacher tak diketahui? Boleh donk dianggap laki-laki?"  (saya memang mengajarkan begitu: klo tak diketahui jenis kelamin, boleh pakai 'he' atau 'she')
Gurunya beralasan: "pada umumnya, guru itu perempuan"

Lha??? sang guru sendiri laki-laki??? Gimana nih???

mau tak mau, murid saya harus menerima nasibnya, jawaban tetap salah dan dia ditakdirkan dapat 8.


Ini sekelumit contoh betapa banyak guru di sekolah yang "mau menang sendiri". Tak pernah mempertimbangkan nalar benar yang diajukan oleh muridnya. Ini banyak sekali terjadi. Anak saya pernah menjadi korban keangkuhan gurunya.

Waktu itu, pada ulangan Sains, ada pertanyaan: "Ikan berkembang biak dengan cara ......"
anak saya menjawab "beranak" dan disalahkan. Jawaban sang guru: "bertelur"

Anak saya menjawab "beranak" karena ikan di rumah kami memang beranak tanpa bertelur lebih dahulu. Kebenaran jawaban anak saya yang didapatnya dari proses "experiential learning" tetap tak ada artinya buat sang guru.

Kalau banyak guru seperti ini, bagaimana anak didik tidak belajar "ngeyel"???

Memprihatinkan!!!

 

52 comments:

  1. yang mana? siapa? (ini contoh ngeyel ya?)

    ReplyDelete
  2. guru kencing sendiri , murid rame2 dikencingi hi hi hi

    ReplyDelete
  3. mungkin malu kali mas mengakui kesalahan didepan murid :)

    ReplyDelete
  4. ih... punya pak guru sudah bisa berdiri sendiri!
    wakakakakak......

    ReplyDelete
  5. inilah yang harus dihilangkan. klo memang salah ngakuin aja, murid akan lebih respek.
    itu pengalaman saya lho.....

    ReplyDelete
  6. pak gurunya udah 'taneg lan wareg' (habis buko) makanya udah bisa berdiri sendiri hihihi

    ReplyDelete
  7. klo gak bisa berdiri sendiri... minta tolong suster (ngesot!)
    kan nanti sama suster diajak duduk (di kursi roda geto lho.......) :))

    ReplyDelete
  8. pak guru berpikir 'anak sekarang' masih pada bodoh semua , anak jaman dulu lebih pinter semua . makanya nggak mau ngalah mas :)

    Pasti pak guru dulu lulusan P4 , dapat penghargaan guru teladan .

    ReplyDelete
  9. gurunya 'lucu' dan 'menggemaskan' ......

    ReplyDelete
  10. memang masalah mentalitas itu sulit ngobatinya ya mas?

    ReplyDelete
  11. silahkan terus berkomentar.... aku mau sign out dulu. ada makan gratis di rumah teman (slametan rumah baru!)

    ReplyDelete
  12. itu yg sering saya katakan , orang tuanya banyakan yang "bolot" . Anak mudanya terlanjur jadi 'ngeyel' .

    ReplyDelete
  13. Aduhh... masih ada ya guru model gitu. AKu sih juga guru, meskipun gak full time lagi. Jadi gak ada cerita kalo guru itu harus lebih pinter atau lebih bener daripada murid, cuma sebagai guru, kita tau dan udah nguasai materi yang diajarin lebih awal daripada mereka. Mengaku salah di depan murid boleh, asal jangan kalah pamor :P

    ReplyDelete
  14. kenapa ya kok masih banyak yang berpikiran kolot seperti itu

    ReplyDelete
  15. Wah.. jangan salahkan profesi guru...
    Itu hanya oknum saja yang kebetulan berprofesi guru :D

    ReplyDelete

  16. pak guru....yang ini apa namanya...???

    *oma irama mode on*

    ReplyDelete
  17. Ya begitulah sifat guru pada kebanyakan, tak sudi mengakui kesalahannya di depan anak muridnya. But excepting for Mr. Singo xixixi

    ReplyDelete
  18. Hmmm rupanya dari zaman dulu sampai sekarang... masih sama azja....
    ini pengalamanku sendiri.....---> ngga pernah ada testing.... tapi di rapor dapat angka "5" ?
    how come?!! itulah guru Indonesia!

    ReplyDelete
  19. hidup ngeyel. Ngeyel itu ada positive ya lho Pak Singo. Kalau gak percaya, tanya Dewi Persik deh..................

    ReplyDelete
  20. hehehe jadi inget wiby laporan kalo dia disalahin mbaca cycling = saykling... bacanya sikling jare gurune ... dekne takon aku... lha aku mbiyen ngertine diwocone saykling koq saiki genti sikling tha?

    ReplyDelete
  21. Betulkah anak didik sekarang berani "ngeyel" (defending his/her opinion)? Yang saya lihat kok ndak begitu ya? Justru ini yang memprihatinkan.

    ReplyDelete
  22. tapi lebih banyak yang begini, mas. makanya jadi gak bisa maju. :(

    ReplyDelete
  23. saya setuju..... paling tidak... berani berpendapat. tapi klo yang dieyel salah namun merasa benar....
    ini yang bahaya.... :)

    ReplyDelete
  24. jawabnya: tanyakan pada Saiful....... :)

    ReplyDelete
  25. sikling itu kata dasarnya bisikel ya?

    ReplyDelete
  26. soalnya.... gurunya gak mau dieyel. padahal, ngeyel artinya kritis, berlatih mencari kebenaran.....

    ReplyDelete
  27. kayanya gitu. gue sempet ampir cari kamus... mau liat cr nyebutnya gimana... untung inget dimana2 sih bilangnya saykling deh:(( ama baysikel

    ReplyDelete
  28. baysikel itu, menurut gurunya menulisnya gini: buy cycle :))

    ReplyDelete
  29. Ehhehehhe bukan! saat di SMPK.... karena kejadian yang bener2 lucu dan nonsense... makan sampai detik ini aku masih inget...

    ReplyDelete
  30. mungkin gini kali yak om, makana pake 'she'... dengan kata lain guruna gak gentle buat mengakui kekeliruan turun temurun... dan guruna gak berkutik untuk tetap memegang teguh 'prinsip berfikir' yang keliru [pasrah, suatu sikap kebanyakan perempuan / she]...
    bener gak yak su'udzhonnya sayah inih, om??

    ReplyDelete
  31. guru yang kayak gene mungkin belum dapat kabar berita klo sekarang tu gak cuman pake istilah "mengajar" di dalam kelas tapi "belajar mengajar". Tidak menutup kemungkinan guru juga belajar sesuatu dari muridnya (pastilah...), jadi gak melulu jadi "one man show". Klo kasus di artikel pak Singo sey, ni contoh guru-nya gak siap dgn profesi-nya, hehe... dan pastinya banyak alasan yg bikin mrk gak siap.. bisa jadi satu artikel lagi neh... lanjut pak Singo.. Tetap semangat!!!!

    ReplyDelete
  32. gurune di datengi wae, nek tetep ngeyel diantemi....

    ReplyDelete
  33. mungkin belum sampai bab ikan beranak..masih ikan bertelur..pak Singo

    ReplyDelete
  34. mungkin juga.
    harusnya membuat soal itu lebih jelas. Misalnya, ikan Mujahir atau ikan Arowana berkembang biak dengan cara ..........

    klo sdh gitu.... kan jawabannya lebih pasti. :)

    ReplyDelete
  35. yang ini kang, wagu tur saruuuuuuuuuuuu :)

    ReplyDelete
  36. ada sih keinginan mengkritisi sikap guru seperti itu... tapi.... nanti saya dianggap nyleneh.. :)

    ReplyDelete
  37. sopo yo? aku koq lali guru bhs indo di SMPK. mungkin Gan lebih ingat.
    yang aku ingat di SMPK, bu Kus Fisika (galak banget!).
    Pak Pesik Pajouw (di kelas cerita terus gak pernah ngajar)
    pak Mul (sejarah), superbusa
    pak Sarman, guru ketrampilan yang tinggi itu.... :)

    ReplyDelete
  38. Bagi guru hanya ada 2 aturan yg wajib ditaati oleh siswa:
    Aturan 1: Guru tidak pernah salah.
    Aturan 2: Bila guru salah, lihat aturan 1.

    ReplyDelete
  39. lho kong kayak the King dan Customer? :(

    ReplyDelete
  40. Gurunya kayaq gini... gimana anak didiknya lagi? makanya negara kita ngga pernah maju deh

    ReplyDelete
  41. anak didiknya yang privat sama saya ya baik :) (narcist.com)
    saya ajarin, klo sama guru di sekolah, turutin aja kemauannya
    klo mau cari yang benar, kita buktikan pake referensi buku para ahli......

    ReplyDelete
  42. ya kita harus selalu kritis. lambat laun pasti ada kemajuan. Harus tetep optimis! :)

    ReplyDelete
  43. kulo nuwun...nderek tepang pak singo...
    kirain aku aja yang ngalamin seperti tulisan ini...
    anak sih masih SD, beberapa soal emang kadang bisa banyak jawaban, tapi ya itu kok ya gurunya yang nggak memperbolehkan siswa berpikir lebih kreatif ....
    mudahan nggak semua guru yah? kasihan anak-anak...nanti tahunya cuman "ndlujur aja" kudu persis buku....

    ReplyDelete