Tuesday, April 1, 2008

Hari Ini Masak Apa?

 

Sudah 3 hari ini status jomblo disanding. Sabtu malam, anak saya sudah pesan masakan layaknya pesan di restoran.

"Pa, besok masak Udang Saus Kecap" OK, deh. Minggu pagi, masak Udang Saus Kecap.

Bahan: Udang

Bumbu: Bawang Putih secukupnya, Bawang Merah secukupnya, Daun Loncang diiris secukupnya, Garam secukupnya, Kecap Manis secukupnya, MSG? dikit aja biar gak kanker.

Cara memasak:

Tuangkan minyak goreng secukupnya di wajan. Bawang putih & bawang merah yang sudah dikupas serta daun loncang yang sudah diiris dimasukkan bentar, di sreng-sreng. Setelah aroma sedap sudah melayang di benak kita, masukkan udang yang sudah dicuci bersih. di sreng-sreng lagi. Setelah itu, beri garam secukupnya dan kecap manis. Tambahkan air putih, dan tunggu biar kecap dan bumbu-bumbu lain lebih meresap ke udangnya. Cicipi. Kalo kurang asin, ya kasih garam. kurang manis, tambahkan kecap manis. Kurang banyak??? Beli di restoran aja.

Lho, koq bahan-bahannya secukupnya? Ya kira-kira aja lah. Kalau saya bilang 4 siung atau 3 siung, ternyata kuah nya satu ember? Ya gak imbang donk! Jadi, sesuaikan aja dengan udang dan kuahnya. Emang gua Nyonyah Rumah yang tiap Minggu tampil di KOMPAS Minggu?

Jadi, gak bisa ngasih ukuran yang exact. Yang penting anak bilang "Masakan papa uenakkkkk tenannnnnnnnnnnnnnnn!"

64 comments:

  1. Pokoke BBM: bawang merah, bawang putih, merica

    ReplyDelete
  2. oom... gue ngerantang ama oom ya... anak gue pesen capcay kuah... gue udang saus tirem...:))

    ReplyDelete
  3. tuh kan mas singo jago masaknya keluar deh...mo nyicip deh moga di sisain dikit:-)

    ReplyDelete
  4. wah, dapet singkatan baru. pikbang! (apik banget)

    ReplyDelete
  5. yang pasti sisa: piring & wajan alias minta tolong dicuci......

    ReplyDelete
  6. ngirimnya pegimane? diplastik aja ye?

    ReplyDelete
  7. wah mas singo ini yo wes aku bantuin deh cuci piringnya..tapi mas masak lagi ya udangnya:) sambil cuci piring aku bisa liat mas masak...

    ReplyDelete
  8. mau dibantuin tapi udangnya dah abis. pegimane donk?

    ReplyDelete
  9. ya elah serba salah deh mo dibatuin tapi ggak mo rugi neh mas singo..hihihi...

    ReplyDelete
  10. habis beneran koq. menunya ganti mihun kuah ala papa

    ReplyDelete
  11. ayam goreng bumbu kunir. gua sendiri yang bikin bumbunya.....

    ReplyDelete
  12. busyet co pinter masak,disini susah tuh dapetin kunir seger adanya bubuk,trus di bantuin si mbok ga marut kunirnya:))

    ReplyDelete
  13. gua yang instruksikan, pembantu yang ngulek. gua gak punya waktu banyak untuk ngulek. garam gua yang tentukan karena disitulah letak kenikmatan bumbunya....

    ReplyDelete
  14. hayahhhhhhhhhhh itu mah tangan si mbok dunk ya masak...atau takut kuning tanganya kena kunir...mas..mas co emang paling2 dah...

    ReplyDelete
  15. Nek seneni gunawan sing tak masak... hehehe

    ReplyDelete
  16. meh dimasak bumbu opo? kecap, saos inggris, kunir, lodeh?

    ReplyDelete
  17. lah, kan udah dapet gaji? mosok gak kerja? makan gaji buta donk?
    bukannya takut kuning tapi males aja soalnya masih ngerjain yang lain-lain......

    ReplyDelete
  18. hahahaha mas singo paling2 deh pinter banget seh ngelaknya....tapi aku kagum neh ma mas singo masih mau ke dapur hebat ada co yang di tinggal istri trus masak buat anak tercinta

    ReplyDelete
  19. di glepungi tok.. kucingku soale vegetarian...

    ReplyDelete
  20. menjelang tahun 2009 mas... beringin yg kuning melambai lagi loh.. kesempatan cuman datang sekali...

    ReplyDelete
  21. weh yen di rumahku itu yg masak yo aku je.. angger bengi aku yo masak.. wong bojoku ra iso masak.. hehehe...kok kagumnya ama mas singo thok... wis jan...

    ReplyDelete
  22. mas.. saranku nek masak sangu fanta.. ben ora ngelak...hehehe

    ReplyDelete
  23. lah sampean ga teko mau masak opo je..yo aku ra ngerti sampean iso asak opo ora...;-))

    ReplyDelete
  24. ora mung fanta, uyuh barang..... sing penting.... lotse

    ReplyDelete
  25. diartokop wrote on Mar 31
    Aku mau bengi masak babi kecap....


    Duh yeni.. masih muda kok pelupa...

    ReplyDelete
  26. kok fanta seh??? aduhh kalian membingungkan banget...

    ReplyDelete
  27. mbangane di kira nyolong start kampanye?

    ReplyDelete
  28. resepnya besok baru diposting (biar pada ngiler)

    ReplyDelete
  29. lah "ngelak" itu kan artinya haus (dalam bahasa indonesianya).. berarti harus minum kan.. yang bikin tenggorokan mak nyus kan fanta dingin?... hehehe

    ReplyDelete
  30. iya aku liat kok kalau mas diartokop masak babi kecap..tak pikir ndak kepikir kl mas bener2 masak giltu loh....

    ReplyDelete
  31. Emansipasi terpimpin... campur kepekso!!!!

    ReplyDelete
  32. kira2 thn 95an, di kotabaru ada yang jual kaos alternatif.
    designnya kotak di block warna kuning, ada tulisan "dilarang berpikir"
    aku ra wani tuku. wedi digaruk. jaman semono, intel galak! (galak pondoh, pondoh pesantren)

    ReplyDelete
  33. difoto sisan.. ben ketok resikan po ora... hahaha

    ReplyDelete
  34. adanya juga degan atau es kopyor yang mak nyus mas.....fanta disini ga payu je adanya bier..

    ReplyDelete
  35. di tunggu trus mas singo harus terlihat jadi percaya kalo mas yang masak ya...

    ReplyDelete
  36. mihun kuah sudah masak. gak iso di rewind. jangan harap ada fotonya.....

    ReplyDelete
  37. yeni mesti samsoyo bingung... (limbuk.. nek wengi sithik yo garen petruk barang.. wong wayahe goro goro)

    ReplyDelete
  38. iya... bier spiegel itu kan majalah di jerman itu kan?

    ReplyDelete
  39. huahahhahahhahahahha kalian neh bener2 temen yang enak di ajak ngobrol aku ngakak ampe anak2 masuk kamar..(sangking kencengnya ngakak)

    ReplyDelete
  40. iya itu pelawak jaman dulu... ngakak, s.bagio, diran, sol saleh...

    ReplyDelete
  41. bukan! ngakak, adik, paman, bibi, tante, om, simbah, simbah pembuangan.......

    ReplyDelete
  42. iyo ning rasah nganggo aksi.. sing masak masak sing moto moto... job nya sendiri2

    ReplyDelete
  43. betul. aku nek pas lagi masak yo ra iso moto. moto ra iso masak
    la wong moto ki bumbu masak yo toh?

    ReplyDelete
  44. ok deh aku pamit duluan mo jogging sebentar biar tambah sehat setelah disuguhi guyonan2..makasih ya selamat istirahat byeeee sampai besok lagi.....

    ReplyDelete
  45. ealah jam setengah siji esuk kok joging.. iso dioyak2 satpam neng kene..

    ReplyDelete
  46. iyo dab. aku yo meh sangi.... sesuk tangi isuk, servis antar jemput anak sekolah......

    ReplyDelete
  47. mas ndek kene jam 19.25 masih terang benderang...huahahhahaha

    ReplyDelete
  48. wo takiro seko omah je.. yo wis mas... sampe ketemu...salam nggo yeni yo...

    ReplyDelete
  49. wah apik no pelayanan PLNe... disini masih ada bagian yg gelap.

    ReplyDelete
  50. lah wonge telat terus lek mbayar rekening..hihihihihi

    ReplyDelete
  51. cedaan ventil mas wakakaka lah wong speda ontele parkire cedak sampean

    ReplyDelete