Wednesday, June 11, 2008

Enaknya Jadi Dokter

 

Tadi pagi, sepulang ngajar jam 10, rencananya mau OL terus jemput anak pulang sekolah.

Sampai di rumah, babysitter anak yang kecil lapor kalo Vivi memasukkan manik-manik ke lubang hidungnya, terus nangis.
Wah, harus ada tindakan nih! Gua coba membujuk Vivi agar mau gua bantu keluarin tuh manik-manik dari lubang hidung. Gua lihat memang ada.

Pake apa ya? Ya udah, cara tradisional aja deh. Gua sedot aja dari lubang hidungnya dengan resiko kesedot pula itu ingusnya. Daripada nanti jadi parah?
Rupanya Vivi tak nyaman dan malah menangis. Karena gua pingin urusan cepat selesai (daripada terjadi apa-apa), gua minta istri untuk pulang dan ngajak Vivi ke RS aja biar ditangani dokter.

Sampai di RS, gua langsung IRS (=UGD). Beberapa suster menanganinya dengan bermodal alat sederhana untuk mengeluarkan manik-manik tadi. Tak lebih dari 1 menit, urusan selesai.

Giliran urusan membayar pun tiba. Gila. Bener-bener gila......

Biaya administrasi: RP 10.000,00
Biaya Evakuasi: Rp 30.000,00
Jasa Dokter: Rp 25.000,00

Itu dokter, tidak melakukan tindakan apa pun!!! Catat sekali lagi, tidak melakukan tindakan apa pun!!!

Enak bener ya jadi dokter? Cuma keliling-keliling rumah sakit, dipanggil suster, terus duduk bentar dah dapet Rp 25.000,00. Apa itu bukan namanya makan honor buta??? Sungguh ini tidak ADIL!!!  

Sejak almarhum Mami dirawat sampai akhirnya meninggal, saya memang tak lagi respek (rada antipati) pada dunia kedokteran (dokter, rumah sakit, obat-obatan). Terutama jika mereka hanya bertujuan "menjual obat".

Tentu saja, tak semua dokter seperti itu. Ada juga dokter yang gua kenal gak suka kasih obat tapi lebih suka cari penyebab sakitnya, lalu dicari obatnya. Kalo kasih obat, juga yang sesuai dompet pasien.

Tulisan ini dibuat untuk berbagi pengalaman saja. Semoga contact saya yang berprofesi dokter, bisa menerima cerita ini dan tidak memaki saya karena saya mengenal kalian sebagai teman yang kebetulan berprofesi dokter. Saya yakin, kalian adalah dokter yang bijak.....

 

19 comments:

  1. lha itu mending oom... cuma segitu. coba dibawa deh ke RS Pondok Indah... ratusan ribu deh:))

    ReplyDelete
  2. hm..mestinya coba dulu pake penjepit, yg biasa buat cabut alis
    dulu pas kecil, gara2 usil, hidungku juga pernah kemasukan benda kecil (lupa persisnya) sampai sesak napas
    kebetulan di sebelah rumah ada dokter tentara, dia cuman pake penjepit tsb, dalam hitungan detik benda tsb sudah bisa dikeluarkan

    ReplyDelete
  3. Iku jenenge dokter mental kere ...!.

    ReplyDelete
  4. singolion wrote: "Enak bener ya jadi dokter? Cuma keliling-keliling rumah sakit, dipanggil suster, terus duduk bentar dah dapet Rp 25.000,00. Apa itu bukan namanya makan honor buta??? Sungguh ini tidak ADIL!!!"

    Mas, aku jadi PNS juga gitu... duduk2 aja di kantor sambil ngerumpi, baca koran, dengerin musik, dan ngempi; dibayar. Disuruh kerjain sesuatu yang diluar job desc, ada duit tambahannya... Ya gitu deh.... :P

    ReplyDelete
  5. bukan uangnya, bu dosen. tapi, RS itu juga brengsek. Masak buat policy seperti itu?

    klo cuma segitu, itu karena wilayah Yogya.....

    ReplyDelete
  6. masalahnya, Vivi gak mau. Jadi, harus di outsource......

    ReplyDelete
  7. pantesan, elu sering OL ya? :)))

    ReplyDelete
  8. pantesan, elu sering banget OL ya? he..he..he.....

    ReplyDelete
  9. gua harap, dokter ibnu bisa memahami perasaan gua..... (berharap.com)

    ReplyDelete
  10. yah... jaman sekarang ini semua dikomersilkan termasuk pendidikan dan kesehatan masyarakat.
    bahkan komersialisasi di sektor ini makin menggila.

    ReplyDelete
  11. Tepat sekali. Karena gue pernah jadi guru SMA selama tiga tahun, kerasa banget komersialisasi dunia pendidikan, padahal gue ngajar di sekolah negeri, bukan swasta.

    ReplyDelete
  12. dr ibnu lagi ngobras dengkul... jangan diajak ngempi nanti jadinya miring tuh

    ReplyDelete
  13. Singolion : Gua sedot aja dari lubang hidungnya dengan resiko kesedot pula itu ingusnya.

    Alhasil......kesedot enggak Mas? (hihihi....)

    ReplyDelete
  14. yaaahhh jadi inget dulu, dikantor kelilipan seacem pasir yg halus banget dan ga nyaman...sampe dikucek2 karena gatel....malah makin parah, akhirya ke dokter....ga sampe 1 menit urusan kelilipan selesai. ujung2nya biaya Rp.25.000; itu 14 tahun yll.

    enaknya jadi dokter.

    ReplyDelete
  15. saya tersinggung nih......... sumpah......

    ReplyDelete
  16. Masalahnya di kasus mas Singo ini adalah, dokternya tidak melakukan tidakan apapun juga, hanya suster yg melakukan, tp kok ada jasa dokternya?
    Ini benar2 aneh dan lucu, kok mirip2 semacam upeti ke preman.

    ReplyDelete
  17. itu dia yang saya gak bisa terima. gak kerja tapi dapet duit......

    ReplyDelete