Wednesday, August 20, 2008

Mer(d)eka Bukan Kita??? (1 dari 3 tulisan)


catatan pembuka:
Judulnya saya ambil dari salah satu lagu Utha Likumahuwa, penyanyi favoritnya mbak Wi. Lagu dari album “Aku Pasti Datang” tahun 1988. Saya tidak membahas isi lagunya tapi lebih karena mengambil judulnya. Tulisan ini diinspirasi oleh tulisan temen-temen
di sini, sinisini dan sini.

MERDEKA, secara semantik, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artinya (1) bebas (dr perhambaan, penjajahan, dsb); berdiri sendiri; (2) tidak terkena atau lepas dari tuntutan; (3) tidak terikat, tidak bergantung kepd orang atau pihak tertentu. (KBBI halaman 648, 1995).

Pertanyaannya, apakah kita sudah merdeka???
Merdeka dari siapa? Penjajahan Belanda? YA!!!
Merdeka dari penjajahan bangsa sendiri??? Inilah yang jadi pertanyaan.

Negara yang sedang dililit utang, krisis identitas, tidak adanya kepemimpinan yang kuat, dll, membuat rakyat semakin sengsara. Sementara jumlah rakyat miskin bertambah, bertambah pula jumlah pejabat kaya raya yang uangnya didapat dari memelintir hak rakyat lewat “kerja keras” yang bernama korupsi. Uang yang seharusnya bisa digunakan untuk kesejahteraan rakyat, dikuasai sendiri. Lewat kong-kali-kong antara para pejabat dan wakil rakyat dan cukong, kerjasama sinergis ini mengeliminir kepentingan rakyat banyak.

Rasa bangga menjadi kaya mengalahkan kepentingan menyejahterakan orang banyak dan membiarkan rakyat semakin menjadi minyak jelantah. “Perampokan” seolah bisa dibenarkan dengan dibebaskannya para orang bersalah dari tuntutan jeratan jeruji besi bertahun-tahun. Atas dalih hukum (yang bisa dibeli), mereka mengatakan tak bersalah. Menghormati keputusan hukum. Padahal, kong-kali-kong tadi juga melibatkan oknum di dunia hukum. Kalau sudah begini, benarkah rakyat sudah merdeka? Silahkan menjawab sendiri.

4 comments:

  1. ben ketok ilmiah ngono loh....... :))

    ReplyDelete
  2. klo pamer sih ngapain di MP, wong ketemu aja ma orang-orang sini klo bener-bener "Anda Beruntung"!!!
    Pamer ke tetangga... temen kerja... sodara yang sirik ma qta (hihihi) yang jelas efeknya bisa langsung kerasa... wekeke... Tapi gak usah ah!!! never thought about it...
    Iya nih, tergantung niat aja siy... take it or leave it aja lah...

    ReplyDelete