Wednesday, May 28, 2008

Gusti Ora Tau Sare

 

Bulan Juni dan Juli adalah bulan paceklik buat saya yang punya profesi semacam tukang becak. Tidak narik tak dapat uang. Tidak mengajar tak dapat uang. Itulah resiko orang yang berada di kuadran S (Self-employed) menurut Robert T Kiyosaki (pengarang Rich Dad, Poor Dad).

Ini berarti, setiap bulan Juni dan Juli, pengeluaran harus tetap dikontrol supaya tidak besar pasak daripada tiang gantungan listrik! Mana kalo bulan Juni & Juli, pengeluaran extra bisa banyak karena anak libur, minta ke Timezone, jalan ke mall dan rekreasi lain biar gak jenuh. Mau cari obyekan dengan minta terjemahan pada bu dosen, kayaknya gak deh. Itu kan mengurangi jatah mangkoknya bu dosen? (bercanda ya bu dosen)

Tapi, Tuhan memang sudah mengatur rejeki. Disaat merenungi betapa enaknya jadi karyawan (kuadran E menurut Kiyosaki) karena tiap bulan pasti dapet duit, tiba-tiba ada yang kirim sms.

Minggu lalu, seorang dokter mengirim sms ke saya karena butuh jasa saya. Ketika dia sms, saya sudah tau, ini pasti rejeki datang. Setiap tahun, pak dokter berangkat seminar internasional dan doi selalu presentasi. Jadi, perlu drilling biar makin OK.

Setelah bertemu, "deal" terjadi. Mulai besok, doi akan pake jasa saya. Cuman, gua juga harus siap-siap "jijik" karena biasanya, klo kursus, sambil lihat-lihat slide pak dokter lagi ngubek-ngubek anggota tubuh manusia (operasi). Demi sesuap nasi, rasa jijik harus disingkirkan. Daripada besar pasak daripada tiang?

Semoga tak berhenti pada pak dokter. Karena, tadi sore, sebelum nge-net, seorang yang saya idolakan (nama dirahasiakan, karena prinsip hukum presumption of non-sense), juga ngajak ketemuan dan diskusi bagaimana saya bisa membantu dia.

Pancen Gusti ora tau sare (Tuhan tak pernah tidur)!

31 comments:

  1. Hehehe..... lebih kurang begitulah adanya......
    Menurut sampeyan enak sing endi Mas.... "S" opo "E" ?

    ReplyDelete
  2. matur nuwun sanget..............

    ReplyDelete
  3. yaelah oom... tenang aja... ini terjemahan gue insyaallah bisa berkembang biak jadi banyak... mudah2an saat terjemahan bertubi2 dirimu bisa gue sambit pake kerjaan ya oom:))

    ReplyDelete
  4. podo wae mas. ada + dan - nya masing2. nek aku gak mlebu S, gak iso ngoyak2 anak buahne sampeyan..... wakakakakakak

    ReplyDelete
  5. diterbitkan gak? biar bisa nambah KUM buat istri.... biar golongannya cepet naek

    ReplyDelete
  6. pernah nerjemain buat Gramedia, nama istri gak dimasukin
    padahal lebih penting dia daripada saya.....
    besok ke jakarta mau nodong Gramedia ah!

    ReplyDelete
  7. ya nggaklah oom orang itu terjemahan dr perorangan koq.:P gue mana brani nerjemahin serius, terjemahan gue kan kerjaan maen2an gue aja.:))

    ReplyDelete
  8. yang maen2 tapi hasilnya lebih gede dari yang utama?

    ReplyDelete
  9. ngga juga oom... kan gue ngerjainnya ngga rutin tiap bulan...:)) yg rutin tuh ngajar anak2 orang ... dan yang namanya ngajar buat gue itu bukan nyari duit tapi nyari pahala... jadi ngga brani ngetok harga:))

    ReplyDelete
  10. kalo gua, ngajar murid yang cantik, tak hanya cari pahala tapi juga pahanya.....
    sayang, murid gua semua cowok...... hiks!

    ReplyDelete
  11. Inget dong ama Romo Sulis yang slalu bilang "Tuhan ngasih kita yang terbaik...."

    ReplyDelete
  12. Kayak saya juga dong, ghost writer (penulis cerita hantu) dan konsultan lepasan untuk presentasi, makalah, dsb. Lumayan dab buat nambah sangu.
    Setelah dua tulisan saya masuk opini Kompas, order tambah banyak, sementara kerjaan kantor juga numpuk. Akhirnya hampir tiap Sabtu-Minggu digunakan buat mengerjakan order

    ReplyDelete
  13. Mas, sing diubek-ubek pak dokter tubuh ABG atw nenek-nenek ..?!.

    ReplyDelete
  14. kalo cowo ngga emang ngga ada pahanya ya oom?:)) serem amat ya murid2nya ngga ada paha... wakakaka

    ReplyDelete
  15. di buku Cak Nur juga ada artikel judul-e "Gusti Mboten Sare"....
    :D

    ReplyDelete
  16. malah gak ingat. Yang aku ingat: "Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya"

    ReplyDelete
  17. campur-campur mas. Kasusnya banyak. dari yang umur 14 sampe 70an.
    tapi slide operasi mana kelihatan muda atau tua? mung ketok jeroane.....

    ReplyDelete
  18. artinya sama, Cep (ini jasa penterjemah ya?)

    ReplyDelete
  19. malah kakinya gak nempel di tanah. terus, gua jadi gurunya apa??? wakakakak

    ReplyDelete
  20. kalau butuh native speaker dari madura...
    baru saya bisa pasang badan...

    :D

    ReplyDelete
  21. njek. engkok tandik peseh.... tak koat mbayar.....

    ReplyDelete
  22. emdj (ejaan madura yang di jawakan)
    tak koat mbayar? ;))

    onok maneh...

    ReplyDelete
  23. lha wong aku boso meduro yo wis rodok lali. :(

    ReplyDelete
  24. butuh privat ta???
    nek hargane cocok hayo
    ;;)
    :D

    *ibu rumah tangga sedang cari ceperan*

    ReplyDelete
  25. jarak jauh
    ntar mbayarnya juga pake uang yang ekstensinya .jpg
    mau?

    ReplyDelete
  26. Jeroane ABG karo nenek-nenek podo wae tah?. Berarti cuma beda penampilan luar yo mas?!.

    ReplyDelete
  27. cuman kelihatan daging dan darah aja.....

    ReplyDelete
  28. Gimana mau sare..wong dipannya sudah dirayah banyak orang...

    ReplyDelete
  29. ente belum mentas dari atheisme ya? :)

    ReplyDelete